Senin, 05 Oktober 2015

Manajemen Peralatan



Manajemen Peralatan merupakan salah satu bagian dari unsur-unsur manajemen secara menyeluruh dalam kaitannya dengan pengertian manajemen, yaitu Pencapaian tujuan melalui orang laian, dilengkapi unsur-unsur uang (money), mesin atau peralatan (machine), serta bahan (material) yang tergabung bersama-sama dalam proses pencapaian sasarannya berdasarkan metode pelaksanaan yang digariskan (method).
 Jadi Manajemen Peralatan merupakan wujud pengelolaan peralatan dalam usaha pencapaian sasaran manajemen secara keseluruhan sebagai induknya.
Untuk pembangunan baru jalan dan jembatan proyek pembangunan itu merupakan satu kesatuan proses manajemen secara menyeluruh yang didalamnya ada unsur-unsur manajemen personalia (man), manajemen keuangan yang menyangkut pembiayaan (money), manajemen peralatan (machine), material dan dilandasi dengan tata cara atau metode pelaksanaan proyek baik yang teknis maupun non teknis.
Manajemen Peralatan tidak hanya meliputi bagaimana cara mengatur peralatan atau mengelola peralatan untuk meleksanakan pekerjaan saja, melinkan manajemen peralatan atau proses manajemen peralatan sudah dimulai sejak peralatan direncanakan untuk disediakan/diadakan untuk menangani suatu pekerjaan sampai peralatan tadi tidak ada lagi atau dihapus dari investarisasi.
Jadi Manajemen Peralatan dapat diartikan sebagai proses pengelolaan peralatan sejak peralatan direncanakan pengadaannya sampai peralatan tersebut dihapus.    
Tahapan proses kegiatan dalam manajemen peralatan secara garis besarnya meliputi kegiatan-kegiatan :
·       Perencanaan pengadaan
·       Pengoperasian
·       Pemeliharaan dan perbaikan
·       Penghapusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar