Kamis, 04 Juni 2015

IRIGASI

Pengertian Irigasi
Irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air irigasi untuk menunjang pertanian, yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi tambak. Sedangkan daerah Irigasi adalah kesatuan lahan yang mendapat air dari satu jaringan irigasi.
Jaringan Irigasi adalah saluran, bangunan dan bangunan pelengkapnya yang merupakan satu kesatuan yang diperlukan untuk penyediaan, pembagian, pemberian, penggunaan dan pembuangan air irigasi.
Tujuan Irigasi
Berikut ini yang merupakan tujuan Irigasi, sebagai berikut :
a.    Membasahi tanah
Pada tanah yang basah, tanaman mampu menghisap air dari tanah tersebut. Selain itu, air sangat dibutuhkan oleh tanaman. Sebab, air tesebut dapat berfungsi sebagai :
-  pelarut mineral makanan untuk tanaman dari tanah
-  bahan pembentuk tubuh tanaman
- bahan yang memungkinkan adanya proses biokimia dan mengubahnya menjadi makanan bagi tanaman
b.   Memupuk tanah
Air yang mengalir akan melarutkan segala yang ada didalam tanah, misalnya lumpur yang dapat berfungsi sebagai pupuk.

c.    Mengatur suhu tanah
Air berfungsi sebagai stabilizer suhu dalam tanah karena tanaman sangat peka terhadap perubahan suhu yang terlalu besar.
d.   Mencuci tanah
Air disini berfungsi juga sebagai pencuci zat-zat yang ada di dalam tanah dan merugikan tanaman, misalnya Ca, Fe, Mg, SO4, dan lain-lain.
Selain itu, tujuan Irigasi untuk mewujudkan kemanfaatan air yang menyeluruh, terpadu dan berwawasan lingkungan serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar