Senin, 18 Mei 2015

PELABUHAN


PERKEMBANGAN PELABUHAN


Pada masa yang lalu, Pelabuhan hanyalah suatu tempat di perairan seperti di muara sungai, teluk atau pantai yang secara alamiah terlindung dari gempuran gelombang, sehingga kapal-kapal dan perahu-perahu dapat merapat dan membuang jangkar untuk melakukan kegiatan bongkar muat barang maupun menaik turunkan penumpang dengan aman.
Dengan perkembangan kehidupan sosial dan ekonomi penduduk di suatu daerah atau negara,  maka semua kebutuhan akan sandang, pangan dan fasilitas-fasilitas hidup lainnya akan meningkat.  Disamping itu hasil produksi baik berupa hasil bumi maupun industri juga semakin meningkat.
Untuk itu diperlukan sarana dan prasarana pengangkutan yang lebih memadai dalam pemindahan atau pemasaran hasil produksi ke daerah/negara lain.
Sejalan dengan kemajuan zaman, Pelabuhan sebagai prasarana angkutan laut juga mengalami kemajuan. Pelabuhan tidak lagi di perairan  yang terlindungi secara alamiah, tetapi bisa berada di laut terbuka sebagai Pelabuhan Samudra dengan perairan yang luas dan dalam, dimana kapal-kapal yang beroperasi semula sederhana dan kecil, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi menjadi kapal-kapal dengan ukuran besar bahkan berkembang menjadi kapal-kapal khusus yang disesuaikan dengan barang yang akan diangkut, misalnya kapal peti kemas, kapal tanker, kapal penumpang, kapal ferry dll. 
Perkembangan selanjutnya, Pelabuhan sekarang merupakan salah satu segmen mata-rantai Transportasi dari kegiatan bisnis yang terlibat dalam proses Transportasi yang dimuai dari asal barang (obyek transportasi) sampai pada tujuan akhir barang tersebut,  sehingga peranan Pelabuhan  sebagai prasarana dapat menunjang dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan industri didaerah belakang pelabuhan ( hinterland ).
Oleh karena itu Pelabuhan sebagai prasarana harus selangkah lebih maju dari sektor yang ditunjang. Hal ini berarti bahwa setiap rencana pembangunan dan pengembangan   industri, perdagangan  maupun pertanian di suatu daerah/negara seyogyanya didahului atau bersama-sama dengan program pembangunan dan pengembangan Pelabuhan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar