Selasa, 12 Mei 2015

SISTEM TRANSPORTASI


DEFINISI DAN RUANG LINGKUP

Pengertian transportasi dan lalu lintas sering diartikan sesuatu hal yang tak dapat dipisahkan dan keduanya selalu muncul secara bersamaan. Oleh karena itu transportasi dan lalu lintas itu ibarat serupa tapi tak sama.
Ada pendapat yang mengatakan bahwa kegiatan lalulintas secara keseluruhan mrpk fenomena dari kegiatan transportasi. Namun yang perlu diketahui bahwa baik lalulintas maupun transportasi bukan mrpk tujuan, melainkan suatu mekanisme / alat untuk mencapai tujuan.
Beberapa definisi untuk memperjelas perbedaan antara transportasi dan lalulintas diberikan gambaran sbb :
*        Transportasi sebagai perpindahan orang dan / barang dengan menggunakan kendaraan atau alat lain dan ke tempat-tempat terpisah secara geografis (Steenbrink, 1974).
*        Transportasi adalah kegiatan memindahkan atau mengangkut sesuatu dari suatu tempat ke tempat lain (Morlok, 1978).
*        Transportasi adalah perpindahan barang atau penumpang dari satu tempat ke tempat lain, dengan produk yang dipindahkan ke tempat tujuan yang membutuhkan (Bowersox, 1981).
*        Warpani, S, 1990, menyatakan bahwa lalulintas adalah kegiatan lalu lalangnya orang dan / atau kendaraan pada suatu ruas jalan dalan kurun waktu tertentu.
*        Lalulintas merupakan suatu medium kegiatan akibat dari gabungan potensi tata guna lahan dan kemampuan transportasiortasi (Blunden, 1971).
Dengan memahami transportasi dan lalulintas, maka aka nada perbedaan secara spesifik antara rekayasa transportasi dan rekayasa lalulintas.
Rekayasa transportasi merupakan aplikasi teknologi dan prinsip-prinsip ilmiah yang digunakan untuk perencanaan, perancangan, pengoperasian dan pengelolaan terhadap fasilitas setiap moda transportasi secara aman, nyaman, cepat, ekonomis dan ramah terhadap lingkungan baik bagi pergerakan barang dan / atau orang (Institut Transportation Engineering, 1987).
Rekayasa lalulintas merupakan bagian dari rekayasa transportasi yang menyangkut perencanaan, perencanaan geometrik, perencanaan dan operasi lalulintas, jaringan, terminal, lahan yang berbatasan dan hubungannya dengan moda transportasi lainnya (ITE, 1987).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar