Rabu, 06 Mei 2015

PERENCANAAN PERKERASAN JALAN

Macam- macam Perencanaan Perkerasan Jalan
1. Perkerasan Jalan Lentur
     Perkerasan jalan lentur terdiri dari: Sub Grade ( Tanah Dasar ), LPB ( Lapis Pondasi Bawah ) dengan bahan material krikil, LPA ( Lapis Pondasi Atas ) dengan bahan material pasir dengan krikil dan Lapisan paling atas adalah Aspal. 
keuntungan PJL adalah nyaman bagi pengendara kendaraan karena bersifat lentur, kecepatan maks 120 km/jam dan pergesekan dengan jalan pada saat pengereman kendaraan akan lebih efektif.
kekurangan PJL adalah perkerasan mudah rusak karena drainase yang jelek.
harga tiap meter persegi adalah 220 ribu.
2. Perkerasan Jalan Kaku
     perkerasan jalan kaku terdiri dari: Sub Grade ( Tanah Dasar ), LPB ( Lapis Pondasi Bawah ) dengan bahan material krikil, LPA ( Lapis Pondasi Atas ) dengan bahan material pasir dengan krikil dan Lapisan paling atas adalah beton bertulang.

keuntungan PJK adalah perkerasan akan tahan walaupun di gunakan pada drainase yang jelek.
kekurangan PJK adalah tidak nyaman bagi pengendara kendaraan karena bersifat kaku, kecepatan maks 90 km/jam dan pergesekan dengan jalan pada saat pengereman kendaraan akan tidak efektif.
harga tiap meter persegi adalah 300 ribu.
3. Perkerasan Jalan Paving
     perkerasan jalan Paving terdiri dari: Sub Grade ( Tanah Dasar ), LPB ( Lapis Pondasi Bawah ) dengan bahan material krikil, LPA ( Lapis Pondasi Atas ) dengan bahan material pasir dengan krikil dan Lapisan paling atas adalah Paving block.

keuntungan PJP adalah perkerasan akan tahan walaupun di gunakan pada drainase yang jelek.
kekurangan PJP adalah tidak nyaman bagi pengendara kendaraan, kecepatan maks 60 km/jam dan pergesekan dengan jalan pada saat pengereman kendaraan akan tidak efektif.
harga tiap meter persegi adalah 180 ribu.
4. Perkerasan Jalan Campuran
     perkerasan jalan kaku terdiri dari: Sub Grade ( Tanah Dasar ), LPB ( Lapis Pondasi Bawah ) dengan bahan material krikil, LPA ( Lapis Pondasi Atas ) dengan bahan material pasir dengan krikil dan Lapisan paling atas adalah beton bertulang yang kemudian di atasnya diberi lapisan aspal.

keuntungan PJC adalah perkerasan akan tahan walaupun di gunakan pada drainase yang jelek, akan terasa nyaman bagi pengendara, kecepatan maks 360km/jam dan pergesekan dengan jalan pada saat pengereman kendaraan akan lebih efektif.
kekurangan PJC adalah biaya terlalu mahal.
harga tiap meter persegi adalah 450 ribu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar